UVGI

Written By Rijomac on Kamis, 23 Mei 2013 | 09.58

APAKAH ITU UVGI?
UVGI singkatan Ultraviolet Germicidal Irradiation , metode sterilisasi yang menggunakan ultraviolet (UV). Panjang gelombang cahaya UV lebih pendek daripada cahaya tampak dan ada di sejumlah produk wavebands. UV beroperasi menggunakan iradiasi UVC pada panjang gelombang 254 nanometer (nm) untuk mematikan merusak mikroorganisme udara. Hal ini dikenal sebagai iradiasi panjang gelombang kuman, dan istilah untuk ini diakui, di seluruh dunia, adalah UVGI.

Panjang gelombang UV yang menyebabkan efek ini jarang terjadi di Bumi sebagai blok suasana itu.  Menggunakan perangkat UVGI dalam lingkungan tertentu seperti sistem sirkulasi udara atau air menciptakan efek mematikan terhadap mikro-organisme seperti patogen, virus dan jamur yang berada di lingkungan tersebut. Ditambah dengan sistem filtrasi, UVGI dapat menghapus berbahaya mikro-organisme dari aplikasi ini environments. UVGI untuk desinfeksi telah menjadi praktik yang diterima sejak pertengahan abad ke-20. Telah digunakan terutama dalam sanitasi medis dan fasilitas kerja steril. Semakin hal itu digunakan untuk mensterilkan minum dan air limbah, sebagai fasilitas penyimpanan yang tertutup dan bisa diedarkan untuk memastikan eksposur yang lebih tinggi untuk UV. Dalam beberapa tahun terakhir UVGI telah menemukan aplikasi baru dalam sanitasi udara.

SEJARAH UVGI
UV telah menjadi mutagen dikenal pada tingkat sel selama lebih dari seratus tahun. 1903 Hadiah Nobel untuk Kedokteran diberikan kepada Niels Finsen karena dia menggunakan UV terhadap lupus vulgaris, tuberkulosis kulit.  Menggunakan ultraviolet (UV) ringan untuk minum disinfeksi air tanggal kembali ke 1916 di AS Selama bertahun-tahun, UV biaya telah menurun sebagai peneliti mengembangkan dan menggunakan metode baru UV untuk mensterilkan air dan air limbah. Saat ini, beberapa negara telah mengembangkan peraturan yang memungkinkan sistem untuk disinfeksi pasokan air minum mereka dengan sinar UV.

BAGAIMANA UVGI BEKERJA?
UVGI bekerja sebagai mutagen terhadap bakteri, virus dan mikroorganisme lainnya pada tingkat sel, menembus dinding sel. Hal ini mengganggu  DNA mikroorganisme (asam deoxyrilbonucleic), menyentuh ikatan karbon, yang menyebabkan kematian sel dan / atau menjadikan itu tidak mampu berkembang biak. UV telah dikenal sebagai mutagen selama lebih dari seratus tahun. Pada tahun 1903 Hadiah Nobel untuk Kedokteran diberikan kepada Niels Finsen karena dia menggunakan UV terhadap instalasi tuberculosis.Simple dan kemudahan operasi, bersama-sama dengan biaya dan manfaat lingkungan dari proses lainnya, membuat udara UV sterilisasi pilihan teknologi yang layak untuk pemurnian udara dalam ruangan . Namun, keberhasilannya tergantung pada intensitas UV dikombinasikan dengan 'waktu tinggal' - lamanya waktu partikel yang terkena cahaya.

Awal bekerja menetapkan bahwa UV yang paling efektif rentang panjang gelombang untuk inaktivasi mikroorganisme adalah antara 220-300 nm, dengan efektivitas puncak dekat 265 nm. Energi UV adalah radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih pendek dari cahaya tampak, tetapi lebih panjang dari lembut x-ray. semua UV rentang dan band tidak terlihat oleh mata manusia. Spektrum UV dapat dibagi menjadi berikut band:

  • UVA (gelombang panjang, 400-315 nm): yang paling banyak di bawah sinar matahari, berguna untuk penyamakan kulit dan keriput
  • UVB (gelombang menengah, 315-280 nm): terutama berguna untuk kemerahan kulit dan kanker kulit
  • UVC (gelombang pendek, 280-200 nm): panjang gelombang yang paling efektif
  • untuk kontrol kuman Jauh atau vakum UV (200-30 nm)


Dan penjelasan lain. Sinar ultraviolet adalah radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih pendek daripada cahaya tampak. UV dapat dipisahkan ke dalam berbagai rentang, dengan UV jarak pendek (UVC) dianggap "UV kuman." Pada panjang gelombang tertentu UV mutagenik terhadap bakteri, virus dan mikroorganisme lain. Pada panjang gelombang 2.537 Angstrom (254 nm)  UV akan memecah ikatan molekul dalam DNA organisme mikro, menghasilkan dimer timin dalam DNA mereka sehingga menghancurkan mereka, membuat mereka tidak berbahaya atau mencegah pertumbuhan dan reproduksi. 

Ini adalah proses yang mirip dengan efek UV panjang gelombang lebih panjang (UVB) pada manusia, seperti terbakar sinar matahari atau silau matahari terbenam. Mikro-organisme kurang mendapat perlindungan dari UV dan tidak dapat bertahan terlalu lama terkena sistem UVGI ini dirancang untuk mengekspos lingkungan seperti tangki air, kamar disegel dan sistem udara dipaksa untuk UV kuman. Paparan berasal dari lampu kuman yang memancarkan radiasi elektromagnetik UV kuman pada panjang gelombang yang tepat, sehingga penyinaran lingkungan. Aliran paksa udara atau air melalui lingkungan ini memastikan eksposur.

APA YANG MEMBUAT SISTEM UVGI UNIK?
Produk UVGI Systems telah dikembangkan dari UVGI teknologi yang dipatenkan, dan merupakan hasil dari lebih dari sepuluh tahun penelitian intensif dan lebih dari £ 14M investment. Perkerjaan bersama gerakan udara dan spesialis akustik Mansfield Pollard, penelitian dan pengembangan telah termasuk pengujian jangka panjang di rumah sakit Inggris , di Inggris Kesehatan Pemerintah Badan Perlindungan Keamanan Hayati tes rumah Porton Down dan dengan Departemen Pengendalian Patogen di University of Leeds. Ini telah menghasilkan berbagai produk sanitasi udara yang memanfaatkan intensitas cahaya maksimum dengan waktu tinggal optimum. Setiap produk UVGI memiliki efisiensi tinggi, tekanan rendah, lampu UV watt tinggi dipasang dalam aliran udara, bersinar ke ruang anacoil reflektif. Quartz terselubung lampu membantu mencegah degenerasi tabung dan memaksimalkan intensitas cahaya untuk memastikan sterilisasi udara terbaik. Kombinasi ini berarti bahwa, untuk pertama kalinya, Sistem UVGI mampu memberikan kinerja yang terukur dan hasil dijamin dengan paling kuat, efisien dan ekonomis unit sterilisasi udara di pasar saat ini - menyediakan udara ultra bersih.

Efektivitas
Efektivitas UV kuman di lingkungan seperti itu tergantung pada beberapa faktor: lamanya waktu mikro-organisme terkena UV, fluktuasi daya dari sumber UV yang mempengaruhi panjang gelombang EM, kehadiran partikel yang dapat melindungi mikro -organisme dari UV, dan kemampuan mikro-organisme untuk menahan UV selama exposure. Ini banyak redundansi sistem dalam mengekspos mikro-organisme untuk UV dicapai dengan sirkulasi udara atau air berulang kali. Hal ini menjamin beberapa melewati sehingga UV efektif terhadap jumlah tertinggi mikro-organisme dan akan menyinari tahan mikro-organisme yang lebih dari sekali untuk istirahat mereka efektivitas down. Dari bentuk sterilisasi juga tergantung pada paparan line-of-sight dari mikro-organisme untuk sinar UV. Lingkungan di mana desain menciptakan hambatan yang menghalangi sinar UV tidak efektif. Dalam lingkungan seperti efektivitas kemudian bergantung pada penempatan sistem UVGI sehingga line-of-sight optimum untuk sterilisasi.

Efektivitas dari bentuk sterilisasi juga tergantung pada paparan line-of-sight dari mikro-organisme untuk sinar UV. Lingkungan di mana desain menciptakan hambatan yang menghalangi sinar UV tidak efektif. Dalam lingkungan seperti efektivitas kemudian bergantung pada penempatan sistem UVGI sehingga line-of-sight yang optimal untuk sterilization.Sterilization sering salah kutip sebagai dicapai. Meskipun secara teoritis mungkin dalam lingkungan yang terkendali, sangat sulit untuk membuktikan dan istilah 'desinfeksi' digunakan oleh perusahaan yang menawarkan layanan ini untuk menghindari teguran hukum. Spesialis perusahaan akan sering mengiklankan pengurangan log tertentu yaitu 99,9999% efektif, bukannya sterilisasi. Ini mempertimbangkan fenomena yang dikenal sebagai perbaikan terang dan gelap (masing-masing photoreactivation dan eksisi (BER)) di mana DNA dalam bakteri akan memperbaiki dirinya setelah rusak oleh sinar UV.

Sebuah masalah tersendiri yang akan mempengaruhi UVGI debu atau lapisan film lainnya bola, yang dapat menurunkan keluaran UV. Oleh karena itu memerlukan penggantian lampu tahunan dan dijadwalkan pembersihan untuk memastikan efektivitas. Masa pakai lampu UV kuman bervariasi tergantung pada desain. Juga materi yang bohlam terbuat dari dapat menyerap sebagian rays.Lamp pendinginan kuman di bawah aliran udara juga dapat menurunkan produksi UV, sehingga perawatan harus dilakukan untuk melindungi lampu dari aliran udara langsung melalui reflektor parabola. Atau tambahkan lampu tambahan untuk mengimbangi pendingin effect. Penurunan efektivitas dan intensitas UV dapat dicapai dengan menggunakan refleksi. Aluminium memiliki tingkat reflektifitas tertinggi dibandingkan logam lain dan dianjurkan bila menggunakan UV.

Inaktivasi Mikroorganisme
Tingkat inaktivasi oleh radiasi ultraviolet secara langsung berkaitan dengan dosis UV diterapkan pada air. Dosis, produk intensitas sinar UV dan waktu pemaparan, biasanya diukur dalam microjoules per sentimeter persegi, atau alternatif sebagai detik mikrovat per sentimeter persegi (μW · s/cm2). Dosis untuk 90% membunuh sebagian besar bakteri dan virus berkisar dari 2.000 sampai 8.000 μW · s/cm2. Dosis untuk parasit yang lebih besar seperti Cryptosporidium memerlukan dosis yang lebih rendah untuk inaktivasi. Akibatnya, US EPA telah menerima desinfeksi UV sebagai metode untuk minum tanaman air untuk mendapatkan Cryptosporidium, Giardia atau kredit inaktivasi virus. Misalnya, untuk pengurangan satu desimal-logaritma dari Cryptosporidium, dosis minimal 2.500 μW · s/cm2 diperlukan berdasarkan US EPA UV Pedoman Bimbingan diterbitkan pada tahun 2006 :1-7.

Kelemahan dan kekuatan UV
Keuntungan UV
Untuk detail lebih lanjut tentang topik ini, diketahui dahulu tentang pengolahan air Disinfectant. UV dapat digunakan untuk air sumur dan air permukaan desinfeksi. Pengobatan UV lebih baik dibandingkan dengan sistem desinfeksi air lainnya dalam hal biaya, tenaga kerja dan kebutuhan tenaga teknis terlatih untuk operasi: sumur tabung yang mendalam dilengkapi dengan pompa tangan, sementara mungkin yang paling sederhana untuk beroperasi, memerlukan rig pengeboran mahal, merupakan sumber bergerak, dan sering menghasilkan air keras yang ditemukan tidak menyenangkan. Klorin desinfeksi memperlakukan organisme yang lebih besar dan menawarkan desinfeksi sisa, tetapi sistem ini mahal karena mereka membutuhkan pelatihan operator khusus dan pasokan bahan berbahaya. Akhirnya, air mendidih di atas kompor biomassa cook adalah metode pengobatan yang paling handal tapi membutuhkan kalor, dan membebankan biaya ekonomi yang tinggi. Pengobatan UV cepat dan, dalam hal penggunaan energi primer, sekitar 20.000 kali lebih efisien daripada mendidih.

Kerugian
Desinfeksi UV yang paling efektif untuk menperbaiki high clarity dimurnikan reverse osmosis air suling. Partikel adalah masalah karena mikroorganisme dikubur dalam partikel yang terlindung dari sinar UV dan melewati unit terpengaruh. Namun, sistem UV dapat digabungkan dengan pre-filter untuk menghilangkan organisme yang lebih besar yang dinyatakan akan melewati sistem UV terpengaruh. Pra-filter juga menjelaskan air untuk meningkatkan transmisi cahaya dan dosis karena UV seluruh kolom air seluruh. Faktor lainnya pengolahan air UV adalah laju aliran: jika arus tidak terlalu tinggi, air akan melewati tanpa paparan sinar UV yang cukup. Jika aliran yang terlalu rendah, panas dapat membangun dan merusak lampu UV.

Keamanan
Dalam sistem UVGI lampu yang terlindung atau berada di lingkungan bahwa paparan batas, seperti tangki air tertutup atau sistem sirkulasi udara tertutup, sering kali dengan Interlocks yang secara otomatis mematikan lampu UV jika sistem terbuka untuk akses oleh manusia beings.In manusia makhluk, kulit terpapar kuman panjang gelombang sinar UV dapat menghasilkan kulit terbakar dan kanker kulit. Paparan mata terhadap radiasi UV ini dapat menghasilkan peradangan yang sangat menyakitkan kornea dan gangguan penglihatan sementara atau permanen, hingga dan termasuk kebutaan dalam beberapa kasus. UV dapat merusak retina mata.

Disinfeksi Udara
UVGI dapat digunakan untuk menyaring udara dengan kontak yang terlalu lama. Disinfeksi adalah fungsi konsentrasi UV dan waktu, CT. Untuk alasan ini, itu tidak efektif pada udara yang bergerak, saat lampu tegak lurus terhadap aliran, seperti waktu paparan yang drastis dikurangi. Pemurnian sistem UVGI udara dapat berdiri bebas unit dengan lampu UV terlindung yang menggunakan kipas untuk memaksa udara melewati sinar UV. Sistem lain yang diinstal dalam sistem udara paksa sehingga sirkulasi untuk bergerak tempat mikro-organisme melewati lampu. Kunci bentuk sterilisasi penempatan lampu UV dan sistem filtrasi yang baik untuk menghapus mati mikro-organisme.
Sebagai contoh, sistem udara paksa dengan desain menghambat line-of-sight, sehingga menciptakan bidang lingkungan yang akan berbayang dari sinar UV. Namun, lampu UV ditempatkan di kumparan dan drainpan sistem pendingin akan terus mikro-organisme dari pembentukan dalam places.
ASHRAE meliputi UVGI dan aplikasi dalam IAQ dan pemeliharaan bangunan di tahun 2008 Handbook, HVAC SYSTEMS dan EQUIPTMENT dalam Bab 16 berjudul Sistem Lampu Ultraviolet. ASHRAE's 2011 Handbook, HVAC Applications, menjelaskan ULTRAVIOLET AIR AND SURFACE TREATMENT di Chapter 60.

Desinfeksi ultraviolet air terdiri dari murni fisik, proses bebas kimia. Radiasi UV-C menyerang DNA penting dari bakteri secara langsung. Bakteri kehilangan kemampuan reproduksi mereka dan hancur. Bahkan parasit seperti Giardia Cryptosporidia atau, yang sangat tahan terhadap disinfektan kimia, secara efisien berkurang UV juga dapat digunakan untuk menghilangkan klorin dan chloramine spesies dari air,. Proses ini disebut fotolisis, dan membutuhkan dosis yang lebih tinggi dari normal desinfeksi. Mikroorganisme disterilkan tidak dihapus dari air. Desinfeksi UV tidak menghapus organik terlarut, senyawa anorganik atau partikel di dalam air.

Namun, proses UV-oksidasi dapat digunakan untuk secara bersamaan menghancurkan kontaminan kimia jejak dan memberikan disinfeksi tingkat tinggi, seperti terbesar langsung minum tanaman reuse dunia di Orange County, California  judul itu akan segera diambil oleh New York yang diatur untuk membuka Catskill-Delaware Water Ultraviolet Disinfeksi Fasilitas, pada akhir 2012 Sebanyak 56 reaktor UV.. hemat energi akan dipasang untuk mengobati 2,2 miliar galon AS (8.300.000 m3) per hari untuk melayani New York City. [12] UV desinfeksi tidak meninggalkan noda, bahan kimia atau residu dalam air yang diolah. Disinfeksi menggunakan sinar UV adalah cepat dan bersih.

Tabung UV
UV Tube adalah konsep desain untuk memberikan desinfeksi air murah untuk orang-orang di negara-negara miskin. Konsep ini didasarkan kemampuan sinar ultraviolet untuk membunuh agen infeksi dengan mengganggu DNA mereka. Pada awalnya dikembangkan di bawah "open source" model di Laboratorium Energi Terbarukan dan tepat di University of California, Berkeley. Bentuk dan komposisi Tabung UV dapat bervariasi tergantung pada sumber daya yang tersedia dan preferensi bangunan tersebut dan menggunakan perangkat. Namun, parameter geometrik tertentu harus dipertahankan untuk memastikan kinerja yang konsisten. Beberapa versi yang berbeda dari tabung UV saat ini sedang digunakan di berbagai lokasi di Meksiko dan Sri Lanka.

UV kuman disampaikan oleh lampu uap merkuri yang memancarkan UV pada panjang gelombang kuman. Uap merkuri memancarkan pada 254 nm. Banyak lampu UV kuman menggunakan ballast khusus untuk mengatur aliran arus listrik ke lampu, mirip dengan yang dibutuhkan untuk lampu neon.

Dalam beberapa kasus, lampu electrodeless UVGI dapat dilistriki dengan microwave, memberikan kehidupan yang stabil sangat panjang dan keuntungan lain [klarifikasi diperlukan].Hal ini dikenal sebagai 'Microwave UV.' Lampu yang baik amalgam atau lampu tekanan sedang. Setiap jenis memiliki kekuatan tertentu dan kekurangan.

  • Lampu UV Low tekanan rendah - Umunnya menawarkan efisiensi tinggi (kira-kira 35% UVC) tapi daya yang rendah, biasanya 1 W / kerapatan daya cm (daya per unit panjang busur).
  • Lampu UV Amalgam - Versi lampu daya tinggi dengan tekanan rendah.
  • UVGI beroperasi pada suhu yang lebih tinggi dan memiliki masa pakai hingga 16.000 jam. Efisiensi mereka sedi lebih rendah dibandingkan dengan lampu tekanan rendah tradisional (sekitar 33% keluaran UVC) dan kerapatan daya adalah kira-kira 2-3 W / cm.
  • Lampu UV tekanan medium - Lampu ini memiliki spektrum puncak-garis luas dan jelas dan output radiasi yang tinggi tetapi efisiensi UVC lebih rendah dari 10% atau kurang. Tipikal  kerapatan daya 30 W / cm ³ atau lebih. 

Tergantung pada kaca kaca yang digunakan pada lampu UV, tekanan rendah dan lampu UV amalgam  memancarkan cahaya pada 254 nm dan 185 nm (untuk oksidasi), 0,185 nm cahaya yang digunakan untuk menghasilkan ozon .

Unit UV untuk pengolahan air terdiri dari tekanan rendah lampu uap merkuri khusus yang menghasilkan radiasi ultraviolet pada 254 nm, atau tekanan lampu UV menengah yang menghasilkan output polikromatik dari 200 nm sampai energi tampak dan inframerah. Panjang gelombang yang optimal untuk desinfeksi yang dekat dengan 260 nm. Sedang lampu tekanan adalah sekitar 12% efisien, lampu amalgam tekanan rendah sementara bisa sampai 40% efisien. Lampu UV tidak pernah kontak air, itu adalah baik ditempatkan di lengan kaca kuarsa di dalam ruang air atau dipasang eksternal dengan air yang mengalir melalui tabung UV transparan. Hal ini dipasang sehingga air dapat melewati ruang aliran, dan sinar UV yang diterima dan diserap ke dalam sungai.

Ukuran dari sistem UV dipengaruhi oleh tiga variabel: laju aliran, kekuatan lampu dan transmisi UV dalam air. Produsen UV biasanya dikembangkan teknologi canggih  model Computational Fluid Dynamics (CFD) yang divalidasi dengan uji bioassay. Ini biasanya melibatkan pengujian kinerja desinfeksi reaktor UV dengan baik bakteriofag MS2 atau T1 pada berbagai laju aliran, transmitansi UV dan tingkat daya untuk mengembangkan model regresi untuk sistem sizing. Sebagai contoh, ini adalah persyaratan untuk semua sistem air minum di Amerika serikat - the US EPA UV Guidance Manual.

Profil aliran dihasilkan dari geometri ruang, laju alir dan model turbulen tertentu yang dipilih. Profil radiasi dikembangkan dari input seperti kualitas air, jenis lampu (listrik, efisiensi kuman, keluaran spektral, panjang busur) dan transmisi dan dimensi lengan kuarsa. Software CFD Proprietary mensimulasikan baik aliran dan profil radiasi. Setelah model 3-D dari ruang yang dibangun, itu diisi dengan grid atau jaring yang terdiri ribuan kubus kecil.

Untuk memvalidasi efektivitas dalam sistem air minum, metode yang dijelaskan dalam in the US EPA UV Guidance Manual biasanya digunakan oleh US Environmental Protection Agency, sementara Eropa telah mengadopsi standar 294 DVGW Jerman. Untuk sistem air limbah, yang NWRI / AWWARF Ultraviolet Pedoman Disinfeksi untuk Air Minum dan Air protokol Reuse biasanya digunakan, terutama dalam aplikasi penggunaan kembali air limbah.

Sistem UV ditakdirkan untuk aplikasi air minum divalidasi menggunakan rumah uji pihak ketiga untuk menunjukkan kemampuan sistem , dan biasanya pengganti non patogen seperti MS 2 fag atau Bacillus Subtilis digunakan untuk memverifikasi kinerja sistem yang sebenarnya. Produsen UV telah memverifikasi kinerja sejumlah reaktor, dalam setiap kasus iteratif memperbaiki model prediksi.

UV pada Pengolahan air limbah
Ultraviolet dalam pengolahan air limbah adalah mengganti klorinasi karena bahan kimia beracun oleh-produk.Wastestreams individu untuk dirawat oleh UVGI harus diuji untuk memastikan bahwa metode akan efektif karena gangguan potensial seperti padatan tersuspensi, pewarna atau zat lain yang dapat menghalangi atau menyerap radiasi UV. "Unit UV untuk mengobati batch kecil (1 sampai liter beberapa) atau rendah arus (1 sampai beberapa liter per menit) air pada tingkat masyarakat diperkirakan memiliki biaya US $ 0,02 per 1.000 liter air, termasuk biaya listrik dan bahan habis pakai dan biaya modal tahunan unit . " (WHO).

Akuarium dan kolam
Sterilisasi ultraviolet sering digunakan dalam akuarium dan kolam untuk membantu mengendalikan mikroorganisme yang tidak diinginkan di dalam air. Sterilisasi air yang kontinu yang menetralkan ganggang sel tunggal dan dengan demikian meningkatkan kejernihan air. Radiasi UV juga memastikan bahwa patogen terkena tidak dapat mereproduksi, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya wabah penyakit di akuarium. Radiasi UV juga dapat memiliki dampak positif pada Akuarium balance dan sterilisasi kolam biasanya kecil, dengan peralatan untuk tabung yang memungkinkan air mengalir melalui sterilisasi dalam perjalanan dari filter eksternal yang terpisah atau pompa air. Dalam sterilisasi, air mengalir sedekat mungkin dengan sumber sinar ultraviolet. Air pra-filtrasi sangat penting sehingga kekeruhan air yang lebih rendah yang akan menurunkan penetrasi UVC.

UVGI pada Laboratorium
UVGI sering digunakan untuk mendisinfeksi peralatan seperti kacamata pengaman, instrumen, pipettors, dan perangkat lainnya. Lab personil juga disinfects gelas dan plasticware cara ini. Laboratorium mikrobiologi menggunakan UVGI untuk mendisinfeksi permukaan dalam biological safety cabinets ("hoods").

UVGI pada Perlindungan makanan dan minuman
Sejak FDA mengeluarkan aturan pada tahun 2001 mensyaratkan bahwa hampir semua produsen jus buah dan sayuran mengikuti kontrol HACCP, dan mewajibkan pengurangan 5-log patogen, UVGI telah melihat beberapa digunakan dalam sterilisasi jus segar seperti pada sari apel.

Lampu UV didasarkan pada debit merkuri tekanan rendah. Ini lampu mengandung merkuri, yang menguap saat lampu dinyalakan. Atom-atom raksa mempercepat karena medan listrik di debit bertabrakan dengan gas mulia, dan mencapai tahap kuat. Atom-atom merkuri dengan cepat memancarkan hampir 85% energi mereka di 253,7 nm panjang gelombang. Energi yang tersisa dipancarkan di berbagai panjang gelombang di daerah UV (terutama 185 nm), sangat sedikit yang dipancarkan di daerah tampak. Lampu UV yang ada dalam berbagai bentuk, yang sebagian besar didasarkan pada umum lampu neon pencahayaan:

  • Lampu Silinder mungkin setiap panjang atau diameter. seperti neon lampu, lampu UV yang paling memiliki konektor listrik pada kedua berakhir, namun versi tunggal berakhir juga ada. Diameter khas 1,5 inci T12, 1.1 masuk T8, 0.79 masuk T6, dan 0,63 masuk T5.
  • Lampu biaksial dasarnya ada dua lampu silinder yang saling berhubungan di ujung luar. Lampu ini memiliki konektor listrik hanya pada salah satu ujungnya.
  • Lampu U-tabung yang mirip dengan lampu biaksial memiliki listrik konektor di salah satu ujung. Mereka memiliki sebuah tikungan terus melengkung di outer end.
  • Lampu UV dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis output sebagai berikut:
  • Lampu standar-output beroperasi biasanya pada 425 mA.
  • Lampu tinggi-output telah filamen katoda panas berukuran beroperasi dari 800 sampai 1200 mA. Campuran gas dan tekanan yang dioptimalkan untuk memberikan output UVC jauh lebih tinggi dengan tetap menjaga lampu hidup panjang, dalam dimensi lampu yang sama sebagai standar-output lampu.
  • Lampu Amalgam memiliki filamen katoda panas berukuran untuk beroperasi pada 1200 mA atau lebih tinggi. Campuran gas, tekanan, dan kadang-kadang diameter lampu telah dioptimalkan untuk menyampaikan UV lebih tinggi tanpa memburuk pakai lampu.

Efisiensi energi. Lampu UV sangat efisien dalam mengkonversi daya input ke output UV, namun, sebagian besar daya yang disediakan menjadi sistem lampu ballast UV menghasilkan energi limbah panas. Ada tiga cara utama untuk meningkatkan efisiensi dari lampu UV-ballast sistem:

  • Mengurangi kerugian ballast
  • Mengoperasikan lampu (s) pada frekuensi tinggi
  • Mengurangi kerugian yang timbul elektroda lampu

Disinfeksi Airstream Di-Ducting
Di ducting sistem UVGI mensterilkan aliran udara di dalam gedung atau sistem ventilasi kamar. Sistem ini dirancang untuk memperbaiki aliran udara dan menggunakan ruang yang tersedia dalam saluran. Dalam sistem-duct adalah umumnya direkayasa untuk mencapai tingkat yang diperlukan desinfeksi udara dan sering unik untuk setiap instalasi.
Banyak variabel harus diperhitungkan dalam ukuran baik dan menerapkan sistem UVGI untuk desinfeksi aliran udara, termasuk yang berikut:

  • Ukuran Ducting
  • Panjang Duct di mana aliran udara terkena UV
  • Kecepatan udara
  • Suhu Udara
  • Efek pendinginan Lampu suhu dan kecepatan udara
  • Fouling Lamp (menurun pancaran UV )
  • Biocontaminants dan nilai-nilai k mereka (kepekaan terhadap UV)
  • Kinerja Disinfeksi diperlukan
  • Usia Lampu
  • Jenis power supply mengemudi lampu UV
  • Reflektifitas bahan duct atau lapisan Ducting
  • Lokasi lampu sehubungan dengan duct
  • Kelembaban

Di  makeup udara luar tidak dapat dikondisikan jika dibawa hilir dari mana perlengkapan UV dipasang, kecuali makeup udara diperlakukan secara terpisah. Pemasangan perlengkapan UVGI dalam pasokan plenum  memastikan bahwa kedua kembali dan udara tambahan diperlakukan.

Dalam setiap instalasi UV, kinerja dapat ditingkatkan dengan meningkatkan reflektifitas UVC dari dinding duktus. Perhatikan bahwa saluran udara mungkin memiliki sifat reflektif yang berbeda, tetapi saluran galvanis khas materi memiliki reflektifitas UVC sekitar 57%. Aluminium dan lainnya  lebih bahan UVC-reflektif dapat digunakan sebagai jalur untuk meningkatkan reflektifitas. Kebanyakan produsen memiliki informasi ini, dan seharusnya dimasukkan dalam perhitungan dosis.  Berikut presentasi yang material yang mempengaruhi reflektansi UV.

Material
Reflectance,%
Aluminum, etched                  
Aluminum foil                        
Aluminum paint                      
Chromium                              
Galvanized                            
Glass                                      
Magnesium oxide                  
Nickel                                    
Silver                                      
Stainless steel                                    
Tin-plated steel                      
Typical duct liner                    
White cotton                          
White oil paints                      
White paper                          
White porcelain enamel        
White wall plaster                  
White water paint                  

88
73
40 – 75
45
57
4
75
38
22
20-30
28
0 – 1
30
5 – 10
25
5
40 – 60
10 - 35


Aplikasi UV pada umumnya digunkan pada di rumah sakit, sekolah, kantor, makanan, bangunan farmasi dan komersial, dan bahkan rumah (Bernstein et al 2006;. Blatt et al 2006.). Sejak tahun 2000, General Services Administration (GSA) yang diperlukan untuk menjadi UV diterapkan pada Coil  AC dan drain pans dari semua sistem HVAC dalam setiap proyek konstruksi baru GSA didanai (Department of General Services; GSA 2003).

Pada  Kelembaban antara 30 dan 100% rh, koil basah dan tiriskan kondisi pan adalah forum yang sangat baik untuk pertumbuhan bakteri (Levetin et al. 2001). Coil fouling juga meningkatkan kumparan penurunan tekanan dan mengurangi aliran udara, mengurangi perpindahan panas dari kumparan sirip untuk mengurangi jumlah pekerjaan sistem dapat melakukan (Montgomery dan Baker 2006) dan mengurangi kualitas lingkungan dalam ruangan (IEQ). Hal ini dapat berkontribusi terhadap sindrom gedung rumah sakit dan gedung rumah sakit penyakit mulai dari iritasi ringan sampai penyebaran infeksi (Menzies et al. 2003). Akumulasi membusuk sering menjadi sumber bau, serta (Kowalski 2006).
Bahan kimia dapat berkontribusi untuk masalah kualitas udara, dan pembersihan mekanik dapat mengurangi efisiensi kumparan dan kehidupan. Selain itu, kinerja sistem mulai menurun lagi segera setelah dibersihkan.

UVGI dapat segera diterapkan pada sistem HVAC untuk membantu menjaga sistem kebersihan (Blatt et al. 2006). Hal ini digunakan untuk melengkapi sistem pemeliharaan dengan menjaga gulungan, panci drain, dan permukaan lainnya bersih dan bebas dari kontaminasi mikroba. Permukaan stasioner menerima dosis UVC banyak pesanan besarnya lebih tinggi dari mikroba di udara yang bergerak lakukan, sehingga relatif mudah, dengan menggunakan tingkat yang lebih rendah dari UV, untuk mempertahankan efisiensi pertukaran panas, desain airflow, dan untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan mengurangi pertumbuhan bakteri dan jamur pada komponen sistem.

UVGI mengurangi tingkat mikroba pada permukaan HVAC dan sering dalam udara (RLW Analytics 2006).

Instalasi. Coils harus dibersihkan terlebih dahulu untuk mengurangi biomassa dan untuk mempercepat pembersihan systemwide dan penghematan energi. Lampu UV harus dipasang di dekat kumparan pendingin dan spasi untuk memungkinkan pemerataan energi di atas permukaan yang akan didesinfeksi. Produsen peralatan UV  berkualitas atau konsultan dapat membantu dalam sistem desain.

PerlengkapanUVGI  untuk peralatan HVAC harus dirancang untuk menahan kelembaban dan kondensat (dari koil atau disebabkan oleh berkurangnya suhu operasi) dan untuk beroperasi dengan baik selama rentang penuh sistem suhu operasi.

Pemilihan Desain UV
Dalam sistem-duct harus sepenuhnya tertutup untuk mencegah kebocoran Radiasi UV untuk orang terlindungi atau bahan luar Peralatan HVAC.

Semua panel akses atau pintu ke ruang lampu dan panel atau pintu ke kamar yang berdekatan di mana radiasi UV dapat menembus atau menjadi tercermin harus memiliki label peringatan dalam bahasa yang sesuai. Label harus berada di luar setiap panel atau pintu, dalam menonjol lokasi terlihat orang yang mengakses sistem.

Lampu kamar harus memiliki perangkat putuskan listrik. Positif perangkat pemutusan lebih disukai daripada switch. Pemisahan perangkat harus dapat dikunci atau tag keluar, dan harus terletak di luar ruang lampu, di samping ruang utama yang mengakses panel atau pintu. Switch harus kabel secara seri sehingga membuka akses setiap deenergizes sistem. On / off switch untuk lampu UV tidak harus berada di lokasi yang sama sebagai ruang umum pencahayaan, melainkan, mereka harus berada di lokasi bahwa orang-orang hanya berwenang dapat mengakses, dan harus dikunci untuk memastikan bahwa mereka tidak sengaja diaktifkan atau dinonaktifkan.

Ruang lampu harus memiliki satu atau lebih viewports dari bahan UV Cabsorbing. Viewports harus berukuran dan berlokasi untuk memungkinkan sistem UV operasi untuk dilihat dari luar peralatan HVAC.

Sistem udara atas harus memiliki on / off switch dan listrik lepaskan perangkat pada kisi-kisi. Jika pengukuran radiasi UV pada saat instalasi awal melebihi paparan  atas batas yang direkomendasikan,  semua bahan yang sangat UV-memantulkan  harus dihindarkan, diganti, atau ditutupi. UV-menyerap cat yang mengandung titanium oksida dapat digunakan pada langit-langit dan dinding untuk meminimalkan pantulan di ruang yang ditempati.

Label peringatan harus dipasang pada semua perlengkapan UV atas udara mengingatkan petugas potensi mata dan bahaya kulit. Rusak atau tidak terbaca label harus diganti sebagai prioritas tinggi. Label peringatan harus berisi informasi berikut:

  • Dinding tanda untuk UVGI udara atas - Perhatian: energi ultraviolet. Matikan lampu sebelum memasuki ruang atas.
  • Peringatan umum diposting dekat lampu UVGI - Perhatian: energi ultraviolet. Melindungi mata dan kulit.
  • Peringatan diposting di pintu penangan udara di mana UVGI ada di ductwork - Perhatian: energi ultraviolet dalam saluran. Jangan matikan keselamatan tombol atau mengaktifkan lampu dengan pintu yang terbuka.

Pelatihan Personil dan Keselamatan
Pekerja harus disediakan dengan sebanyak pelatihan yang diperlukan, termasuk kesehatan dan pelatihan keselamatan, dan beberapa derajat pelatihan penanganan lampu dan bahan. Pekerja harus dibuat sadar bahaya di area kerja dan terlatih dalam tindakan pencegahan untuk melindungi diri mereka sendiri.
Topik pelatihan meliputi

  • Bahaya paparan sinar UV
  • Keselamatan listrik
  • Lock-out/tag-out
  • Bahaya kesehatan dari merkuri
  • Rotating mesin
  • Drain pans kondensat Slippery
  • Tepi yang belum selesai Tajam
  • Batas-ruang (jika ada)
  • Prosedur darurat

Pekerja diharapkan untuk membersihkan lampu yang rusak harus dilatih dalam perlindungan yang tepat, pembersihan, dan pembuangan.

Tidak ada personil harus tunduk pada paparan sinar UV, tetapi jika eksposur tidak dapat dihindari, personel harus mengenakan pakaian pelindung (Tidak terkena kulit), kacamata pelindung, dan sarung tangan. Kebanyakan kacamata, termasuk kacamata resep, cukup untuk melindungi mata dari UV, tapi tidak semua menawarkan cakupan yang lengkap, standar-masalah perlindungan kacamata mungkin menjadi alternatif terbaik.

Jika kondisi operasi lampu individu harus diperhatikan, ini sebaiknya dilakukan dengan menggunakan jendela intip (s). Akses ke lampu hanya boleh dilakukan ketika lampu yang deenergized. Lampu harus dimatikan sebelum unit penanganan udara (AHU) atau kipas angin shutdown untuk memungkinkan lampu untuk mendinginkan dan membersihkan setiap ozon di ruang lampu (jika lampu penghasil ozone yang digunakan). Jika AHUs atau fans deenergized pertama, ruang lampu harus dibuka dan memungkinkan untuk ventilasi selama beberapa menit. Pekerja harus selalu memakai kacamata pelindung dan sarung tangan tahan tusukan untuk perlindungan dalam kasus lampu pecah.

Akses ke ruang lampu harus mengikuti lockout spesifik lokasi / Prosedur tag-out. Jangan mengandalkan panel pintu dan keselamatan switch sebagai satu-satunya metode untuk memastikan lampu membuang Arus Listrik. Pintu mungkin secara tidak sengaja ditutup atau switch mungkin secara tidak sengaja dihubungi, mengakibatkan aktivasi lampu tak terduga.

Jika pekerja akan memasuki area peralatan kondensat, kondensat pan harus dikuras dan setiap air sisa dihilangkan.

Secara umum, hindari melakukan pembacaan dengan kipas berjalan dan pekerja di dalam sebuah AHU (misalnya, untuk menguji pengurangan output yang disebabkan oleh pendingin udara). Tes semacam ini harus diinstrumentasi dan dipantau dari luar peralatan.

Selama perawatan, renovasi, atau perbaikan bekerja di kamar di mana sistem UV udara atas yang ada, semua sistem UVGI harus dinonaktifkan sebelum personil memasuki bagian atas ruangan.

0 komentar :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Contact

Cellphone :08821535932 - 081277776439
http://hvactechnic.blogspot.co.id/
http://farrasjayateknik.blogspot.co.id/
Email : machfudbox@gmail.com

Search This Blog